>
you're reading...
Uncategorized

Sejarah Singkat Pasukan Khusus/Elit dalam Dunia Kemiliteran


Menurut catatan sejarah kemiliteran, pasukan khusus pada awalnya (era sebelum Masehi) dibentuk dengan tujuan khusus yaitu melindungi raja dan keluarganya serta aset berharga kerajaan. Kemudian terjadi perkembangan, pasukan khusus pun mulai diterjunkan ke medan perang, namun dahulu pasukan khusus pun dibentuk dalam jumlah yang cukup besar. Personel pasukan khusus pada umumnya terdiri dari prajurit – prajurit reguler yang terpilih dari kesatuan – kesatuan militer yang ada dan kebanyakan bukan dari prajurit pemula (recruit).

 

Berikut ini beberapa pasukan khusus/elit terkemuka yang pernah ada dalam sejarah :

  1. The Immortals (Persian Immortals).
    Pasukan khusus kuno ini memainkan peranan penting di era raja Cyrus the Great (Cyrus yang Agung) dalam menaklukan Neo-Babylonian Empire (Kekaisaran Babilonia Baru) pada tahun 547 SM. Pasukan ini juga dipergunakan dalam kampanye Cambyses melawan Mesir pada tahun 525 SM.
    Pada masa raja Darius the Great (Darius yang Agung), The Immortals ini juga berperan dalam menginvasi kerajaan – kerajaan kecil di India pada perbatasan di barat Punjab dan Sindh (sekarang Pakistan) pada tahun 520 SM dan penaklukan Scythia pada tahuin 515 SM.
    The Immortals ini juga berperan dalam Pertempuran Thermopylae tahun 480 SM dan pada saat pasukan Persia menduduki Yunani di masa Mardonius pada tahun 479 SM (Film berjudul 300mungkin akan mengingatkan anda akan cerita ini).
    Pasukan khusus ini mempunyai keunikan adalah selalu berjumlah 10.000 ribu orang. Posisi prajurit yang tewas, terluka berat, atau sakit akan segera digantikan dengan prajurit baru sehingga jumlahnya selalu genap 10.000 orang.

    [ Sebagai catatan pribadi, menurut saya bangsa Israel adalah bangsa yang harus berterima kasih kepada “The Immortals” karena berperan besar dalam invasi kerajaan Neo-Babilonia oleh raja Persia Cyrus the Great” pada tahun 547 SM. Kerajaan Babilonia Baru adalah kerajaan yang menawan bangsa Israel kemudian dilanjutkan oleh bangsa Persia pada periode pembuangan yang pertama (587 – 538 SM). Pada masa Raja Cirus inilah dikeluarkan “Decree of Cyrus” yang mengijinkan bangsa Israel pulang ke tanah asalnya dari daerah pembuangan/penawanan ini.
    (Lihat juga Kitab Daniel, Nehemiah, Yeremiah, Yehezkiel, dan Ezra).
    Jadi bangsa Israel bebas dari bangsa Babilonia selain juga karena ketepatan nubuatan bahwa mereka dibuang selama 50 tahun, juga karena kemurahan hati raja Cyrus.
    Dari sini dapat dilihat bahwa terjadi pasang surut hubungan Israel dan Persia (sekarang Iran), tapi saya menduga ketegangan yang sempat terjadi di awal 2012 ini tidak akan memicu perang terbuka antara kedua bangsa itu mengingat catatan sejarah yang ada. Setahu saya (kalau salah tolong diralat), yang mengherankan adalah di Teheran ada ditemukan beberapa Sinagoga (tempat ibadah Yahudi), sedangkan tempat ibadah aliran Sunni sama sekali tidak diijinkan berdiri di sana (Iran mayoritas beraliran Syiah).]

  2. The Companions (Yunani : Hetairoi).
    The Companions adalah pasukan/kavaleri elit tentara Macedonia dari zaman raja Philip II of Macedon (Philip ke – 2 dari Macedonia) pada era pemerintahannya tahun 359 – 336 SM. Kavaleri elit ini mencapai masa keemasan pada jaman Alexander III of Macedon/ Alexander the Great (Aleksander yang Agung) yang memerintah tahun 336 – 323 SM dan dianggap sebagai kavaleri terbaik di dunia jaman kuno.

  3. Praetorian Guard.
    Praetorian Guard adalah pasukan pengawal khusus yang digunakan oleh Kekaisaran Romawi. Istilah Praetorian (Latin : Praetoriani) sudah digunakan selama masa Republik Romawi untuk menjaga jenderal – jenderal Romawi, terutama mencuat pada era keluarga Scipio yang termasyur sekitar 275 SM. Pasukan ini dibubarkan oleh Kaisar Constantine I (Konstantinus I) sekitar abad ke – 4 Masehi.Masa aktif kemiliteran Romawi adalah 753 SM – 476 M, sehingga dapat disimpulkan Praetorian Guard ini telah digunakan juga oleh Julius Caesar, Mark Antony, dan Augustus (Octavian).
  4. Ninja.
    Tidak banyak catatan sejarah tentang Ninja (shinobi), berdasarkan cerita turun – temurun, Ninja pada awal mulanya adalah petani – petani (masyarakat kelas bawah) yang dipersenjatai oleh para tuan tanah untuk melindungi tanahnya dari serangan klan lainnya (periode ketika Jepang masih belum bersatu). Para ninja ini dilatih untuk melakukan spionase, sabotase, infiltrasi, pembunuhan secara efektif, dan masuk dalam perang terbuka pada situasi tertentu.

    Ninja diperkirakan mulai eksis digunakan pada jaman periode Kamakura Shogunate (1185 – 1333) ketika Jepang diperintah oleh para Shogun dan mungkin masih eksis sampai sekarang. Senjata klasik Ninja yang paling terkenal adalah pedang Katana dan senjata lempar berbentuk bintang yang disebut Shuriken (Dayak Ngaju : redesan kuan itah nah le).

  5. Dan masih banyak lagi pasukan khusus/ elit kuno atau tradisional seperti Hwarang dari Korea sekitar akhir abad ke – 10 M, Knight dari Inggris yang terbentuk pada abad ke – 10 M, Janissary yang dibentuk pada era Kekaisaran Ottoman Turki, Jaguar Warriors/ Jaguar Knights di era bangsa Aztec,  French Foreign Legion dari Perancis yang terbentuk pada masa Raja Louis Philippe, Swiss Guard/ Schweizergarde dari Swiss yang terbentuk sekitar akhir abad ke – 15 M, Pasus Dayak yang kembali muncul lagi setelah tenggelam dalam sejarah.

…Bersambung

 

Blog berikutnya akan saya rilis adalah Pasukan Khusus (Elit) dalam Kemiliteran di Masa Sekarang

 

Written by Niko Rusmedi

About nikorusmedi

Apoteker, PNS, realistis, simpel tapi juga bisa amat ribet, pragmatis, penuh pengharapan (karena pengharapan suatu saat nanti semua keluarga dan orang yang aku kenal dapat berkumpul dalam kerajaan Sorga :) , dsbnya (udah aja deh daripada mulai ribet :p).

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

NIKO RUSMEDI

BUSSINESS LINK :

Cutieline-shop

Archives (Arsip)

Blog Stats (Jumlah Pengunjung)

  • 49,596 hits

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 2 other followers

%d bloggers like this: